15 September, 2021

Blog Resmi ELS Computer: Info dan Review Produk Terbaru

Memberikan Informasi Berupa Review, Harga, Spesifikasi Produk Terbaru, Tips dan Trik Seputar Dunia Komputer

Google Duo, Aplikasi Alternatif Rapat Online Selain Zoom

Belum lama ini Google mengumumkan meningkatkan jumlah peserta yang dapat berpartisipasi dalam rapat daring melalui Google Duo. Peningkatan kapasitas peserta chating online ini sebagai bentuk dukungan meningkatnya aktifitas Work From Home (berkerja dari rumah /WFH) di sejumlah negara akibat wabah virus corona atau Covid-19.

Peningkatan kapasitas peserta grup panggilan oleh Google ini dapat menjadi alternatif dari layanan Zoom yang tengah naik daun. Meski begitu, layanan rapat online ini yang disorot karena tindakan perusahaan yang mengumpulkan data pengguna.

Google Duo sendiri awalnya merupakan aplikasi panggilan berbasis video (video call) yang ditujukan untuk aplikasi Android dan IoS. Namun dalam perkembangannya, Google Duo juga dapat digunakan di komputer yang tersambung kamera. Layanan ini diklaim memiliki keberhasilan percakapan telepon video lebih tinggi dibandingkan layanan sejenis. Namun duo tidak berbasis akun Google. Layanan ini menggunakan nomer telepon seluler sebagai pengenal. Panggilan hanya dapat dilakukan kepada sesama peserta yang telah mendaftarkan nomor telepon genggamnya di duo.

Baca Juga :   Hati-Hati Menggunakan Zoom, Bahaya Mengintaimu!

Google Duo juga memiliki fitur knocks-knocks. Layanan ini memungkinkan penerima telepon melihat siapa yang melakukan panggilan terlebih dahulu Meski begitu disebutkan fitur ini berfungsi jika pihak yang menelepon terdaftar dalam kontak.

Lalu bagaimana menggunakan Google Duo di laptop, komputer, Android atau Iphone, berikut rangkaian cara penggunaannya:

 

Layanan panggilan telepon Google Duo dapat digunakan hingga 12 orang. Untuk menggunakan dikomputer maka terlebih dahulu mengetikan alamat duo.google.com pada aplikasi perambah.

Selanjutnya, Google Duo akan meminta veririfikasi nomor telepon genggam. Dalam laman pertolongannya, Google mengingatkan jika permintaan verifikasi dilewatkan maka pengguna hanya dapat menerima panggilan dari pihak yang telah memiliki riwayat percakapan.

Untuk melakukan verifikasi ini, maka masukan nomor telepon genggam dan minta kode verifikasi. Google Duo akan mengirimkan kode identifikasi untuk memastikan telepeon genggam aktif. Jika kode verifikasi tidak diterima maka pengguna dapat meminta kirim ulang kode. Jika masih gagal, maka tekan tombol kembali dan lakukan pengecekan nomor telepon genggam yang didaftarkan.

Baca Juga :   Alasan Garena Free Fire jadi Game Piala Presiden eSport 2020

Dalam lamannya, Google menjamin percakapan di dalam Duo dilindungi oleh end-to-end encryption. Artinya percakapan yang dilakukan di dalam Duo terlindungi hanya untuk peserta percakapan video.

 

Google Duo dapat digunakan pada telepon genggam maupun tablet berbasis Android maupun Iphone dan Ipad. Aplikasi ini terlebih dahulu harus diinstal dari playstore atau app store.

Setelah masuk ke laman duo, maka pengguna akan dikirimi kode verifikasi oleh Google. Jika kode verifikasi dari Duo tidak juga muncul setelah diminta ulang, pengguna dapat menggunakan layanan telepon saya.

Untuk membuat penggunaan Duo lebih mudah, pengguna dapat menghubungkan aplikasi ini dengan akun Google.  Setelah tersambung, maka pengguna dapat menggunakan Duo dari seluruh perangkat yang tersambung dengan akun google.

Meski begitu, akun Google ini dapat dihapus dari Duo kapanpun ingin dihilangkan.

Baca Juga :   EL'S Computer Bagi Bagi Mousepad

 

Percakapan video dalam Google Duo dapat menampung hingga 12 orang. Sebelum diumumkan oleh Direktur Senior Google untuk layanan pesan, Duo dan panggilan Sanaz Ahari Lemelson, layanan ini hanya dapat menampung 7 peserta percakapan.

Cukup sapu dari layar beranda aplikasi Duo dan mengetuk buat grup. Seluruh peserta yang diundang akan melihat panggilan masuk seperti video biasa. Setelah rapat online dijalankan, maka dalam aplikasi akan muncul bagian ‘grup’.

Maka untuk panggilan berikutnya peserta tidak lagi harus ditambahkan satu persatu. Meski begitu, pengguna dapat mengubah peserta percakapan dalam grup.

Selain itu, Google Duo dapat memblokir nomor tertentu. Nomor yang diblokir daapat melalui dua cara yakni dengan mengklik nama kontak yang dituju lalu menekan tanda titik tiga di kanan atas atau melalui lambang roda di pojok kanan atas pada komputer dan pilih nomor diblokir.

.