You are here
Home > Tips & Trick > LAPTOP ATAU SMARTPHONE KENA AIR ??? Jangan Panik !

LAPTOP ATAU SMARTPHONE KENA AIR ??? Jangan Panik !

Kalian pasti pernah ngerasain dimana gak sengaja smartphone atau laptop kalian kena air, entah kesiram, ketumpahan, kehujanan, atau jatuh ke tempat yang banyak air di sekitarnya. Tenang, meskipun auto panik jangan langsung hidupkan smartphone atau gadget kalian, tapi lakukanlah metode-metode yang akan EL’S bagi dibawah ini, simak yuk !

Alat & Bahan :

  1. Kain mikrofiber
  2. Beras kering atau gel silika
  3. Air murni (Accu Seer)
  4. Obeng
  5. Pembersih papan sirkuit elektronik (tersedia di toko komputer atau peralatan elektronik)

Sesegera mungkin ambil tindakan-tindakan berikut ini:

a. Matikan smartphone atau laptop, lepas baterainya, cabut semua kabel dan aksesoris yang terhubung dengannya untuk mencegah konsleting.

b. Jungkir balik perangkat tersebut untuk menjatuhkan air sebanyak mungkin.

c. Gunakan obeng atau alat yang sesuai untuk membuka perangkat. Pisahkan komponen-komponen yang basah dari yang kering. Baca buku manual untuk mengetahui cara membuka perangkat yang bersangkutan secara benar. Jika ragu-ragu, serahkan kepada jasa reparasi resmi atau yang tepercaya.

d. Timbun di dalam tumpukan beras kering atau gel silika. Langkah ini akan membantu menyerap kelembapan secara cepat. Jika perangkat elektronik yang bersangkutan terlalu kecil untuk dibuka, semisal smartphone kecil, langsung timbun keseluruhannya.

e. Setelah yakin setiap komponen benar-benar kering, lap perlahan dengan kain mikrofiber yang dibasahi dengan sedikit pembersih papan sirkuit elektronik. Langkah ini akan membersihkannya dari noda air kering tanpa merusaknya. Sebagai alternatif, gunakan air murni (hasil penyulingan) dengan mengetesnya terlebih dulu di area kecil dan mengikuti instruksi produsen. Jangan gunakan apa pun selain kedua cairan tersebut.

f. Rakit kembali perangkat elektronik setelah benar-benar kering dan bersih.

Keseluruhan proses ini bisa memakan waktu hingga dua hari, khususnya jika tumpahan terjadi cukup parah.

Top