[PENTING] BAHAYA LATEN SOFWARE BAJAKAN !

Dijaman yang semakin kekinian ini, semakin banyak bermunculan software bajakan atau software gratis hasil cracking. Mulai dari yang gratis sampai yang murah meriah jauh dari harga software lisensi original. Ambil satu contoh yang masih sering kita temui sekarang adalah Windows Original VS Windows Bajakan.

Rilis berisi kajian yang dikemukakan Microsoft dan National University Singapore (NSU) pada 21 Juni 2017 menyebutkan, penjahat dunia siber akan memanfaatkan software bajakan untuk menyebar malware.

Akibatnya, pengguna akan menjadi korban karena perangkat yang terpasang software itu rentan terkena serangan malware dan ancaman kerusakan lainnya.

“Faktanya, 92 persen dari laptop baru yang memasang software bajakan sudah terinfeksi malware,” ujar Associate Professor, Department of Electrical & Computer Engineering NUS, Biplap Sidar, dalam rilis tersebut.

Jadi jangan merasa aman jika sudah membeli atau menginstall software tidak asli/bajakan, karena bahaya yang mengintai bikin merinding.

  1. Komputer Terserang Virus

virus komputer

Komputer atau laptop sering lambat, hang, blue screen, atau kerusakan lainnya? Kalau iya, sebaiknya rencanakan untuk menghapus software bajakannya.

Ini tidak bercanda, 90% kerusakan pada komputer sering disebabkan software bajakan. Hal ini karena software bajakan mengandung perangkat lunak jahat atau virus. Virus ada bermacam-macam: malware, adware, spyware, dan lain-lain. Yang jelas, setiap virus tersebut bikin kalian “gigit jari” ketika beraksi.

Jadi jangan Cry kalau tiba-tiba di perangkat kalian terserang WannaCry. Karena pada sistem kerjanya saat membajak software akan membuka semua sistem keamanan dan pasti terbuka juga untuk virus virus dari perangkat lain atau dari browser saat kalian berselancar di internet.

  1. Komputer Tidak Bisa Digunakan

computer error

Menggunakan Windows bajakan bisa berisiko membuat komputer tidak bisa digunakan. Misalnya jika kalian menggunakan Windows 7 maka akan muncul peringatan berupa watermark dan wallpaper berubah jadi hitam. Apalagi jika kalian masih menggunakan Windows XP. Windows ini memiliki proses Genuine Advantage dan menyebabkan user terkunci dan tidak bisa menggunakan komputer miliknya.

3. Tidak Bisa Update

can't update windows

Kerugian yang kedua adalah software Kalian tidak bisa melakukan update karena crack/patch yang digunakan untuk membajak software tersebut menutup fitur update. Hal ini sengaja dilakukan untuk mencekal warning dari developer.

Sayangnya, update software itu penting. Kalian berpotensi ketinggalan fitur-fitur terbaru jika update tidak dilangsungkan dalam jangka lama.

  1. Risiko Keamanan

security

Kalau kalian sering menyimpan data-data pribadi Anda seperti kata sandi akun, kartu kredit, atau PIN di komputer, sebaiknya mulai sekarang simpan di kertas atau buku note. Hal ini berlaku jika kalian adalah pengguna software bajakan.

KENAPA? Karena software bajakan punya tujuan lain yaitu mematai-matai data-data komputer kalian.

Ini sering dianggap remeh. Padahal ketika menginstal software tersebut, secara tidak langsung sudah mengizinkan software tersebut mengakses data-data yang ada ataupun yang akan kalian simpan disana.

5.Fitur tidak Bekerja Optimal

feature windows10

Menggunakan Windows bajakan juga bisa membuat fitur tidak dapat berjalan dengan optimal. Ada beberapa fitur pada Windows yang hanya dapat digunakan pada versi original. Contohnya pada Windows 8, ada beberapa pengaturan yang dikunci seperti mengganti background untuk start screen dan ada juga fitur sync yang tidak bisa digunakan dan masih banyak lagi.

  1. HACKER !

hacker

Hacker merupakan salah satu ancaman di dunia maya. Nah dengan menggunakan Windows bajakan, ancaman ini bisa menjadi semakin besar. Jika sudah disusupi hacker, akan sangat bahaya untuk data dan seluruh sistem pada komputer yang kalian gunakan. Oleh karena itu sebaiknya menggunakan Windows original.

  1. Ancaman Pidana

ancaman pidana

Menggunakan software ilegal tentu saja sudah melanggar hukum. Di negara manapun hal ini pasti dilarang dan menjadi incaran para penegak hukum. Pengguna Windows ilegal tentu saja bisa terjerat oleh hal ini dan hukumannya tentu adalah penjara.

Menurut pasal 72 ayat 3 UU Berikut bunyi pasal tersebut:

“Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah)”.

Jadi, masih mau pakai software bajakan?

 

Releated

ELS COMPUTER HADIR 24 JAM

ELS Computer hadir 24 Jam. Menanggapi tingkat permintaan pelanggan setia yang muncul setiap saat dan juga animo berbelanja yang cukup tinggi, ELS Computer kini hadir 24 Jam. Pelanggan bisa berbelanja secara leluasa, aman, dan cepat melalui berbagai kanal yang kami sediakan mulai dari Website, Marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli. Kemudian lain daripada itu untuk […]

SOFT OPENING ELS COMPUTER SEMARANG

SOFT OPENING ELS COMPUTER SEMARANG @elscomputer.semarang ! Halo Semarang ! ELS Computer hadir lebih dekat untuk warga Semarang dan sekitarnya. Berbelanja Laptop dan Komputer kini jadi lebih mudah, tersedia banyak pilihan dengan harga terbaik. @elscomputer.semarang soft opening tanggal 3 SEPTEMBER 2019, catet tanggalnya dan jangan sampai ketinggalan promo openingnya. Mulai dari Gratis Mouse Wireless buat […]

Lebih Cepat Memilih, Lebih Tepat Menentukan.

Seperti halnya jodoh, sering kali kita dibingungkan diri sendiri saat harus memilih laptop atau PC. Iya kan? Entah soal spesifikasi, kebutuhan, hingga budget adalah hal paling kompleks. Tetapi jangan khawatir, saat ini EL’S Computer punya solusinya ! Kalian bisa lebih cepat dan tepat dalam memilih device yang jelas kamu butuhkan sesuai dengan kebutuhan atau passion […]

.
WhatsApp Hubungi Kami - 085725964942