21 October, 2021

Blog Resmi ELS Computer: Info dan Review Produk Terbaru

Memberikan Informasi Berupa Review, Harga, Spesifikasi Produk Terbaru, Tips dan Trik Seputar Dunia Komputer

RAM TIBA-TIBA LEMOT, INI PENYEBABNYA

Apa kalian sering menemui proses RAM penuh padahal laptop atau komputer baru saja on? Kalau iya, mungkin kalian bisa menemukan penyebab dan solusinya disini.

cpu usage

  1. Adanya malware.

Punya antivirus tidak menjamin bebas malware apalagi antivirus gratis atau hasil crack , dan terkadang malware melakukan request process berulang hingga resource PC (termasuk RAM) jadi penuh tanpa terdeteksi proses apa yang menggunakannya.

Solusinya update antivirus kamu lalu lakukan full scan, kalau belum menemukan disable bit defender dan update windows defender lalu lakukan full scan. Jika tidak ada mungkin malware bukan jadi penyebabnya, kamu bisa disable windows defender dan mengaktifkan bit defender nya lagi.

Terkadang penggunaan RAM / CPU tinggi juga bisa karena kita terinfeksi malware yang menjadikan komputer kita sebagai botnet yang aktif. Ketika aktif sebagai jaringan botnet, resource bisa terpakai banyak.

Baca Juga :   Bill Gates Lepas Jabatan di Microsoft

Yang lebih membantu adalah kamu harus punya anti virus yang original dan selalu updated. Selalu filter atau scan perangkat baru ataupun browser kamu, karena banyak juga malware yang menginfeksi melalui situ atau hal yang kamu download.

  1. Hardware Fisik Memory

Terkadang memory yang sudah mulai rusak bisa menyebabkan masalah-masalah aneh. Dari pengalaman, masalah yang paling sering terjadi adalah sering restart, tapi tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan masalah seperti ini.

Solusinya adalah coba gunakan memory dari PC lain untuk komparasi, apakah masalah tetap timbul atau tidak. Kalau tidak timbul berarti fisik memory nya mungkin sudah waktunya diganti, namun kalau tidak timbul berarti memory baik-baik saja, hanya masalah sistem.

Baca Juga :   Bocoran Generasi Terbaru RAM DDR 5

  1. Update Windows

Apa OS yang kamu gunakan di PC yang memorynya penuh ini?

Lakukan update Windows. Seringkali bugs atau masalah seperti ini bisa selesai dengan mengupdate Windows. Tentunya update Windows hanya dapat dilakukan jika software Windows yang kamu gunakan adalah original. Jadi kamu harus membeli windows original.

  1. Update Driver

Driver yang paling sering membuat masalah seperti ini. Ketika dia crash dengan sistem Windows maka hal-hal aneh seperti not responding, penggunaan CPU tinggi, RAM tinggi , dan sebagainya bisa terjadi. Update seluruh driver di PC kamu ke versi yang paling baru untuk OS tersebut dan lihat hasilnya.

Baca Juga :   Bocoran Spesifikasi PC Untuk Minning Bitcoin

  1. File svchost.exe

Svchost.exe juga bisa disebut dengan stasiun pada komputer, yang berguna mengatur segala aktivitas yang dibuat, khususnya pada network. Kamu pasti melihat 10 atau lebih dari svchost.exe dan ada beberapa yang memakan banyak memori. Biasanya terjadi bug di windows updatenya.

  1. Upgrade RAM

Karena RAM kamu udah out of date atau udah error karena kepenuhan proses, dan komputer sering hang, diem, dan lain lain. Itu saatnya kamu upgrade RAM atau menambahkan RAM pada perangkat kamu. Dijamin bakal normal dan wus-wus lagi. Ibaratnya kalau kalian balapan, pake motor satu silinder sama pakai motor dua silinder pasti jelas mesin lebih enteng pakai dua silinder kan?

.
WhatsApp Hubungi Kami - 085725964942