info Ransomeware

Ransomware , Malware Pencuri yang Berbahaya

ELS Computer – Semenjak kemunculannya tahun 2005, varian baru dari malware jenis Ransomware, menjadikan ancaman bagi dunia cyber. Perlu di ketahui bahwa internet telah menjadi penyebar malware  yang sangat berbahaya.

Apa itu Ransomeware dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

Ransomware adalah jenis malware yang dapat melakukan penguncian atau mengenkripsi  file terhadap komputer ataupun perangkat mobile untuk mengelabui penggunanya. Ransomeware memiliki jenis yang banyak. Pada intinya Sistem Komputer, perangkat mobile dan server adalah incaran ransomeware.

Penyebaran Ransomeware merebak malalui berbagai macam cara, seperti melalui email spam, flashdisk yang terinfeksi, software yang telah di tanami Ransomeware, memalui web, dan lain sebagainya. Selain mengenkripsi data korban Ransomeware juga dapat mencuri Bitcoin. Selanjutnya para penjahat Ransomeware meminta uang tebusan untuk mengembalikan data yang di enkripsi.

Menurut FBI, kerusakan yang ditimbukan oleh Ransomeware, mencapai lebih dari USD 1 miliar pada tahun 2016. Dan pada tahun 2017, di predikasi akan berkembang pada tingkat yang mengkhawatikan.

Bagaimana cara mencegah Ransomeware?

  1. Backup Data

Backup atau membuat salinan data Anda, sehingga infeksi ransomware tidak dapat menghancurkan data pribadi Anda. Buatlah dua salinan cadangan, satu untuk disimpan di Cloud ( ingat untuk menggunakan layanan ini, buatlah backup otomatis pada file Anda) dan satu untuk menyimpan hard drive fisik (portabel, thumb drive, laptop ekstra dll ). Setelah Anda telah selesai melakukan backup atau salinan cadangan data, lepaskan hard drive dari komputer. Salinan cadangan Anda dapat berguna, jika Anda tidak sengaja menghapus file penting atau mengalami kegagalan hard drive.

  1. Gunakan Antivirus

Untuk melindungi data Anda dari Ransomware gunakan Antivirus yang dapat bekerja secara baik dan dapat melindungi keamanan data Anda. Salah satu Antivirus yang menangani Ransomware dan telah bekerja sama dengan EUROPOL Cyber Crime adalah Kaspersky.

  1. Update software

Lakukan update sistem operasi, ketika sistem operasi Anda merilis update terbaru. Hidupkan update otomatis pada sistem operasi yang Anda gunakan, untuk memudahkan update sistem operasi Anda.

  1. Berhati – hati

Link berbahaya dapat di kirimkan dari teman –teman di media sosial, kolega atau mitra kerja. Jangan pernah membuka lampiran dalam email dari seseorang yang Anda tidak ketahui. Penjahat Cyber sering mendistribusikan pesan email palsu yang menyerupai email pemberitahuan dari toko online, bank, pengadilan, penagihan pajak, bahkan polisi, dan memikat penerima untuk mengklik link berbahaya yang sudah tertanam Ransomware.

  1. Memunculkan Jenis Ekstensi file

Hal ini memudahkan untuk mengetahui file mana yang merupakan malware. Para penjahat Ransomware dapat menggunakan beberapa ekstensi untuk menyamarkan sebuah file berbahaya, seperti video, foto, atau dokumen (hot-chics.avi, exe, atau doc, scr).

  1. Matikan Koneksi Internet

Matikan koneksi  internet Anda jika terjadi aktiftas yang mencurigakan atau tidak diketahui dari komputer yang Anda gunakan, sebab penyebaran Ransomware salah satunya dengan menggunakan jaringan internet.

Bagaimana Bila Anda Terjangkit Ransomware?

Jika data Anda terenksipsi atau terkunci akibat terjangkit Ransomware, Jangan pernah memberikan uang tebusan kepada para penjahat Ransomware. Sebab tidak ada jaminan data Anda yang telah terenkripsi atau terkunci dapat dipulihkan.

 Anda dapat melakukan deskirpsi atau pemulihan data , dengan membuka situs nomoreransom. Situs tersebut telah bekerjasama dengan Kaspersky Lab untuk membantu melakukan deskripsi atau pemulihan data enkripsi akibat terjangkit Ransomeware. Namun tidak semua jenis dari Ransomware dapat di pulihkan melalui situs tersebut. Dan tidak ada jaminan 100 %  pemulihan data, walaupun jenis pemulihan dari jenis Ransomware yang sama. Walaupun demikian, situs tersebut dapat membantu Anda, untuk mendapatkan update terbaru dalam pemulihan Ransomware.

“Mencegah Lebih Baik dari Pada Mengobati”

 Untuk mencegah terjangkitnya Malware, dan menjaga keamanan data pada Komputer Anda, gunakan Antivirus  yang terbukti ampuh untuk melindungi dan menjaga data Anda dari malware yang berbahaya. Kaspersky  adalah salah satu Antivirus yang dapat memberikan perlindungan terbaik terhadap data Anda. Dapatkan Kaspersky mulai dari  Rp 154.000 (Harga pertanggal 6 April 2017) hanya di ELS Computer.

beli sekarang di ELS Computer

Releated

malware

BUAT PC DAN LAPTOPMU ANTI MALWARE, INI CARANYA !

Ketika mengakses Internet, pernahkah terpikir bahwa informasi pribadi Anda aman dari pencurian? Ketika mengakses Internet, pernahkah Anda terpikir bahwa komputer Anda aman dari berbagai macam program berbahaya? Trojan, virus, worm, spyware, adware, keyloggers. Nama-nama itu hanya beberapa dari sekian banyak malware yang berkeliaran dan membahayakan komputer kita. Kerusakan yang ditimbulkannya pun bermacam-macam, dari mulai “hanya” mengubah ekstensi file sehingga tidak […]

WhatsApp Hubungi Kami