Hardisk dan SSD

SAATNYA BERALIH DARI HDD KE SSD

Seiring majunya jaman, kebutuhan akan kecepatan produktifitas semakin meningkat. Begitu pula dalam proses kerja pada PC atau Notebook anda. Dalam hal ini Hardisk memiliki peran bukan hanya sebagai media penyimpanan saja, tetapi memiliki pengaruh terhadap kecepatan proses kerja pada PC atau Notebook anda. Kecepatan transfer atau proses data pada hardisk masih dinilai kurang, sehingga muncul solusi baru yakni SSD. Yang notabene mampu membuat proses data semakin cepat.

Kami beri contoh pengalaman pribadi setelah menggunakan SSD. Saat kami mengoperasikan Photoshop Elements menggunakan PC yang masih dengan HDD. Kami menunggu sekitar kurang lebih sepuluh sampai lima belas detik sampai program tersebut siap digunakan.

Ketika kami menggunakan SSD untuk mengoperasikan Photoshop Elements, kami hanya perlu menunggu sekitar sedetik sampai program tersebut siap digunakan.

Di titik itu kami melihat jelas peningkatan performa yang bisa diberikan SSD, dan terbukti tipe penyimpanan internal satu ini menawarkan dampak yang besar bagi performa penyimpanan internal di sebuah PC maupun Notebook.

Beralihlah ke SSD

Meski kami belum bisa memberikan kepastian performa SSD dalam bentuk angka, bila dibandingkan dengan HDD, namun setidaknya observasi awal menunjukkan betapa performa PC bisa terangkat hanya dengan menggunakan sebuah SSD. Jadi ketika Anda merasa bahwa HDD yang digunakan sekarang bekerja lebih lambat dibandingkan seharusnya, maka mungkin ini waktunya beralih ke SSD.

Lalu selain performa, ada beberapa alasan lain mengapa Anda mesti mengganti HDD lama dengan SSD:

  1. Efisiensi energi pada SSD biasanya jauh lebih besar dibandingkan HDD. Bagian fisik SSD tidak memiliki perangkat bergerak, oleh karena itu ia membutuhkan energi dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan HDD.
  2. Sistem pendinginan yang lebih baik dibandingkan HDD biasa. Ini disebabkan oleh karakteristik SSD yang menggunakan flash memory, dan bukan plat bundar yang biasa digunakan oleh HDD.
  3. Noise kipas yang lebih kecil. SSD biasanya lebih dingin dibandingkan HDD, karena itu kipas casing biasanya tidak akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan perangkat di dalamnya. Hasilnya adalah noise dalam jumlah minimal dan kinerja yang lebih cepat.
  4. Saat ini SSD memiliki kecepatan transfer data yang sangat cepat, yaitu mencapai 500MB/s. Sangat berbeda jauh dengan kecepatan read-writeHDD yang rata-rata hanya mencapai 125MB/s.
  5. SSD jauh lebih aman dibandingkan HDD. Itu karena tidak adanya piringan yang digunakan untuk menyimpan data sepeti pada HDD. Dengan tidak digunakannya piringan, maka resiko corrupt atau file hilang menjadi lebih kecil. SSD juga lebih tahan terhadap guncangan dibandingkan dengan HDD. Sama seperti diatas, alasannya juga karena tidak ada perangkat bergerak di SSD.
  6. SSD memiliki ukuran bodi yang lebih kecil dan tipis, sehingga sangat cocok digunakan pada laptop yang memiliki ketebalan tipis. Karena ukurannya yang lebih kecil dan tipis dibandingkan dengan HDD, hal ini membuat SSD memiliki bobot yang jauh lebih ringan daripada HDD.

Jadi, melihat dan menguji kecepatan serta manfaat dari SSD lebih baik daripada HDD perihal pemrosesan data dan ketahanannya, kami sarankan untuk beralih dari HDD ke SSD.

beli sekarang di ELS Computer

 

Releated

ssd m2 vs intel optane memory

SSD M.2 Vs Intel Optane Memory

Saat teknologi sangat pesat perkembangannya, kita juga perlu mengetahui informasi mengenai perkembangan teknologi yang ada saat ini. EL’S Computer akan membahas perkembangan teknologi flash storage yang ada saat ini, yaitu SSD M.2 dan Intel Optane Memory. SSD M.2 Perkembangan SSD di mulai dari bentuk, dimensi, interface, hingga performa. SSD M.2 memberikan kinerja penyimpanan dengan kecepatan […]

WhatsApp Hubungi Kami