YUK INTIP KAPASITAS MAKSIMAL RAM KAMU !

RAM adalah salah satu komponen komputer yang sangat berpengaruh terhadap kinerja perangkat komputer. RAM sendiri mempunyai kapasitas yang berbeda pada setiap komputer atau laptop. Semakin besar kapasitasnya, akan semakin baik pula dalam menunjang kinerja komputer Anda. RAM tersebut bisa diupgrade untuk meningkatkan performa perangkat Anda, tapi harus sesuai dengan batas maksimal kapasitas RAM bawaan.

Cek batas maksimal kapasitas RAM Laptop dan PC
Ada beberapa cara mengetahui batas maksimal kapasitas RAM Laptop dan PC, diantaranya adalah Melalui Situs Crucial.com :

  • Pertama, jalankan perambah internet Anda dan buka http://www.crucial.com.
  • Klik Menu Memory dan pilih Manufacture atau merk laptop yang Anda gunakan.
  • Lalu, lihat di bagian select my (merk laptop Anda) yang ada di tengah. Isi manufacture, product line dan model laptop atau PC yang Anda gunakan. Untuk mengetahui merk laptop, jenis komputer serta model motherboard, Anda bisa melihat spesifikasi laptop pada tabel yang terletak di badan laptop/CPU atau bisa juga dengan melihatnya di manual book. Alternatif lain, bisa menggunakan aplikasi perangkat lunak.
  • Selanjutnya klik Find Upgrade.

Catatan:
Bagi pengguna Linux Mint, bisa mengetahui model motherboard dengan mengetikkan perintah sudo dmidecode –t 2 di terminal Linux. Sedangkan pengguna sistem operasi Windows, bisa melihat model motherboard lewat Control Panel => System => Your Windows Experience Index needs to be Refresh => View and Print Details Performance System Information => Lihat pada system.

Pengguna sistem Windows dapat melihat model motherboard melalui Control Panel > System > Your Windows Experience Index needs to be Refresh > View and Print Details Performance System Information > Lihat pada System. Pengguna Windows bisa mendownload Crucial System Scanner supaya tidak perlu mengisi form tersebut, sehingga bisa langsung menjalankannya untuk mendeteksi memori RAM yang ada di laptop atau PC. Namun, untuk melakukannya perlu koneksi internet.

Melalui Situs Web Ark.intel.com

Di samping melalui situs crucial, Anda bisa mengetahui batas maksimal kapasitas RAM Laptop dan PC di ark.intel.com. Tapi, hanya untuk perangkat komputer yang memakai processor Intel. Berikut langkah-langkahnya:

  • Cek terlebih dulu model atau tipe processor yang digunakan pada perangkat komputer Anda.
  • Sesudah mengetahui tipe processor Anda, buka situs http://ark.intel.com pada perambah website.
  • Ketik tipe processor di kolom pencarian dan enter.
  • Kemudian lihat pada memory specifications.
  • Telihat memori RAM yang didukung oleh processor mencapai 8 GB.

Catatan:
Pengguna Linux Mint bisa mengetikkan perintah cat /proc/cpuinfo pada terminal Linux untuk mengetahui tipe processor yang digunakan. Contoh hasilnya sebagai berikut:

Processor : 0
Vendor_id : GenuineIntel
Cpu family : 6
Model : 37
Model name : Intel(R) Pentium(R) CPU P6100 @ 2.00GHz
Stepping : 5
Microcode : 0x2
Cpu MHz : 933.000
Cache size : 3072 KB
Physical id : 0
Lihat di model name, P6100 ialah tipe processor yang digunakan oleh laptop atau komputer. Anda juga bisa melihatnya lewat jendela informasi sistem dengan mengklik Menu => Preferensi => Informasi system.

Sedangkan untuk pengguna Windows, bisa melihatnya melalui Control Panel => System dan lihat pada bagian processor.

Jika telah mengetahui batas maksimal kapasitas RAM, Anda bisa melakukan cara upgrade RAM sesuai kapasitas dan jenis RAM ang disupport processor serta motherboard.

www.els.co.id

Whatsapp EL’S Computer : bit.ly/ELSOnline // 0857-2596-4942

Releated

5 Cara Bikin Hardisk Eksternal Kamu Jadi Awet

Pastikan hardisk Mendapatkan Sirkulasi Udara yang Baik Untuk memberikan sirkulasi udara yang baik pada hardisk, maka pastikan anda selalu meletakan hardisk di atas bidang dengan permukaan yang keras dan padat, misalnya meja, lantai, dan sebagainya. Hindarilah meletakan hardisk eksternal pada permukaan yang lembut seperti kasur, bantal, dan selimut. Karena jika ini dibiarkan secara terus menerus, […]

LAPTOP ATAU SMARTPHONE KENA AIR ??? Jangan Panik !

Kalian pasti pernah ngerasain dimana gak sengaja smartphone atau laptop kalian kena air, entah kesiram, ketumpahan, kehujanan, atau jatuh ke tempat yang banyak air di sekitarnya. Tenang, meskipun auto panik jangan langsung hidupkan smartphone atau gadget kalian, tapi lakukanlah metode-metode yang akan EL’S bagi dibawah ini, simak yuk ! Alat & Bahan : Kain mikrofiber […]

WhatsApp Hubungi Kami