You are here
Home > Aksesoris Komputer > Mouse > ZOWIE FK1+ Mouse Ringkas Untuk Tangan Besar

ZOWIE FK1+ Mouse Ringkas Untuk Tangan Besar

zowie fk1

Zowie FK1+ memiliki desain ambidextrous, yang artinya bisa digunakan baik untuk tangan kanan maupun tangan kiri.

Dilapisi dengan bahan plastik berwarna hitam yang dihiasi sedikit kesan merah dari logo Zowie, mouse ini seakan tidak terlalu mementingkan penampilan luar yang terlalu mewah. Untuk itu, LED backlight sudah dipastikan absen dari mouse ini.

Di bagian bawah, terdapat sebuah tombol untuk mengubah pengaturan DPI dan satu lampu LED untuk menandakan DPI mana yang sedang digunakan.

Dari segi fisiknya, FK1+ memiliki dimensi 128mm x 68mm x 38mm dengan bobot sekitar 95 gram.

Tombol dan Scroll Wheel

Mouse Zowie FK1+ memiliki 7 tombol di seluruh bagiannya. Akan tetapi, hanya 5 tombol saja yang dapat diaktifkan.

Pasalnya, meskipun terdapat dua tombol ibu jari yang terletak di masing-masing sisi samping, pada saat penggunaannya, tombol di samping hanya dapat diaktifkan hanya satu sisi saja. Caranya akan dijelaskan nanti.

Zowie FK1+ memiliki scroll wheel yang terbilang standar, baik secara tampilan, maupun fungsinya. Dan scroll wheel-nya ini masih belum dilengkapi dengan klik kanan dan kiri, melainkan hanya klik aktivasi standar saja.

Sensor

Mouse Zowie FK1+ dilengkapi dengan sensor Avago 3310 dengan rentang 400 – 3200 DPI yang dapat diatur melalui 4 stop (400, 800, 1600, dan 3200 DPI) dan diaktifkan melalui tombol DPI di bawah mouse.

Sayangnya, gamers tidak bisa menentukan kustomisasi DPI stop selain dari keempat stop tadi. Keempat stop ini ditandai dengan empat warna di LED sisi bawah mouse-nya, yaitu merah untuk 400 DPI, ungu untuk 800 DPI, biru untuk 1600 DPI, dan hijau untuk 3200 DPI.

Kabel

Dari segi kabel, FK1+ hanya menggunakan kabel standar dengan panjang 2 meter berlapis karet tanpa adanya lapisan braided untuk menunjang ketahanan yang lebih lama.

Fitur Tambahan

Seperti mouse keluaran Zowie yang lainnya, FK1+ sebenarnya bisa dikatakan tidak memiliki fitur tambahan apapun selain apa yang memang ditemukan sejak awal melihatnya.

Bahkan gamers tidak akan memerlukan aplikasi apapun untuk menjalankan semua fungsi dari mouse ini.

Untuk beberapa kebutuhan dasar seperti pergantian DPI dan pengaturan report rate, semuanya bisa dilakukan secara manual menggunakan tombol yang tersedia.

Sedikit lebih detail mengenai fungsi tombolnya, di awal tadi disampaikan bahwa FK1+ memiliki 7 tombol, tapi hanya 5 saja yang bisa aktif karena dari dua pasang tombol ibu jari di sisi mouse, hanya satu pasang tombol saja yang bisa diaktifkan.

Cara mengaktifkannya cukup sederhana tanpa perlu adanya driver atau software apapun. Jika gamers ingin mengaktifkan tombol ibu jari di sisi kiri untuk penggunaan tangan kanan, maka gamers perlu menekan tombol klik kiri dan klik scroll wheel secara bersamaan sambil menyambungkan kabel USB ke PC/ laptop.

Sementara sebaliknya, jika gamers bertangan kidal dan ingin mengaktifkan tombol ibu jari di sisi kanan, gamers perlu menekan tombol klik kanan dan klik scroll wheel secara bersamaan sambil menyambungkan kabel USB ke PC / laptop.

Langkah-langkah selengkapnya mengenai cara pengaturan ini dapat dibaca lengkap di buku manualnya.

Performa dan Pengujian

Masuk ke dalam pemakaiannya, Zowie FK1+ memang benar-benar mengadopsi metode plug-and-play. Begitu gamers memasang mouse ini, seketika itu juga mouse langsung dapat digunakan dengan sepenuhnya

Ketiadaan kustomisasi DPI memang mungkin menjadi kekurangan saat pertama kali mendengarnya. Akan tetapi, di sisi lain, hal ini merupakan sebuah fasilitas lebih yang disediakan oleh Zowie.

Fasilitas di mana gamers tidak perlu lagi repot-repot mencari DPI yang pas dengan gaya bermainnya, karena Zowie yang sudah menghadirkan empat DPI stop terbaik hasil riset terhadap kebutuhan para pemain profesional.

FK1+ merupakan varian dari seri Zowie FK yang paling besar. Oleh karena itu, mouse ini sepertinya hanya cocok untuk para gamers yang berjari panjang atau bertelapak tangan lebar.

Jika dibandingkan dengan varian lainnya, FK1+ sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan FK1 mengingat kedua mouse ini memiliki panjang yang sama, sementara lebar dan tingginya hanya berbeda 1mm saja.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan FK2, FK1+ serasa jauh lebih bongsor dan tidak akan mudah “tertelan” oleh telapak tangan dan jari karena memang berdimensi besar.

Posisi tombol untuk ibu jari di sisi kanan dan kiri terasa sudah tepat pada tempatnya karena mudah terjangkau. Akan tetapi, untuk dari segi switch-nya, tombol yang terletak di samping ini terasa sedikit agak berat untuk diklik. Hal ini sebenarnya merupakan pendapat yang subjektif dan tentunya berbeda bagi masing-masing orang

Ketika digunakan untuk bermain game, dari segi bobotnya yang terasa standar, FK1+ terasa cocok untuk digunakan baik dalam game FPS.

Selebihnya, saat digunakan untuk melakukan pekerjaan seperti editing foto maupun video, kembali lagi FK1+ menghadirkan performa yang diharapkan.Tidak hanya dari segi bentuknya yang nyaman di tangan, pemilihan DPI stop 400 dan 800 oleh Zowie sekali lagi terasa sangat cocok untuk melakukan kedua pekerjaan tersebut.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Zowie FK1+ merupakan mouse yang tepat untuk para gamers yang tidak ingin ribet dengan pengaturan yang kompleks di dalam sebuah mouse.

Penampilan mouse ini memang terlihat sangat sederhana. Tidak ada warna lain selain hitam dan merah di logo Zowie. Bahkan Zowie tidak tertarik untuk menyematkan lampu LED untuk mempercantik mouse ini.

Di satu sisi, penampilan yang biasa saja mungkin akan mengurangi minat para gamers pemula yang mengenal Zowie. Akan tetapi, bagi gamers yang memiliki tangan besar, serta mementingkan kenyamanan dan keringkasan, FK1+ layak untuk dilirik dan dipertimbangkan untuk jadi senjata andalan.

beli produk terbaik di els.co.id

Top